Gunadarma University

Senin, 22 April 2013

MANUSIA & KEBUDAYAAN


Sebelum kita membahas tentang manusia dan kebudayaan ada baiknya kita mengerti terlebih dahulu pengertian dari manusia dan kebudayaan. Berikut ini adalah pengertian dan definisi manusia menurut beberapa ahli :

1. NICOLAUS D. & A. SUDIARJA
Manusia adalah bhineka, tetapi tunggal. Bhineka karena ia adalah jasmani dan rohani akan tetapi tunggal karena jasmani dan rohani merupakan satu barang.

2. ABINENO J. I
Manusia adalah "tubuh yang berjiwa" dan bukan "jiwa abadi yang berada atau yang terbungkus dalam tubuh yang fana".

3. UPANISADS
Manusia adalah kombinasi dari unsur-unsur roh (atman), jiwa, pikiran, dan prana atau badan fisik.

4. SOKRATES
Manusia adalah mahluk hidup berkaki dua yang tidak berbulu dengan kuku datar dan lebar.

5. KEES BERTENS
Manusia adalah suatu mahluk yang terdiri dari 2 unsur yang kesatuannya tidak dinyatakan.

6. I WAYAN WATRA
Manusia adalah mahluk yang dinamis dengan trias dinamikanya, yaitu cipta, rasa dan karsa.

7. OMAR MOHAMMAD AL-TOUMY AL-SYAIBANY
Manusia adalah mahluk yang paling mulia, manusia adalah mahluk yang berfikir, dan manusia adalah mahluk yang memiliki 3 dimensi (badan, akal, dan ruh), manusia dalam pertumbuhannya dipengaruhi faktor keturunan dan lingkungan.

8. ERBE SENTANU
Manusia adalah mahluk sebaik-baiknya ciptaan-Nya. Bahkan bisa dibilang manusia adalah ciptaan Tuhan yang paling sempurna dibandingkan dengan mahluk yang lain.

9. PAULA J. C & JANET W. K
Manusia adalah mahluk terbuka, bebas memilih makna dalam situasi, mengemban tanggung jawab atas keputusan yang hidup secara kontinu serta turut menyusun pola berhubungan dan unggul multidimensi dengan berbagai kemungkinan.

Dilihat dari beberapa pendapat tersebut dapat disimpulkan bahwa Manusia adalah sesosok makhluk hidup yang diciptakan Tuhan sebagai makhluk yang paling sempurna, makhluk yang memiliki akal, pikiran, hati nurani,dan perasaan. Manusia juga memiliki keterkaitan yang erat dengan lingkungan yang ada karena manusia termasuk makhluk yang mudah beradaptasi dengan lingkungan yang dapat mendirikan kepribadian masing - masing.

Pengertian Kebudayaan menurut beberapa para ahli :

1. Edward B. Taylor
Kebudayaan merupakan keseluruhan yang kompleks, yang didalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan-kemampuan lain yang didapat oleh seseorang sebagai anggota masyarakat.

2. M. Jacobs dan B.J. Stern
Kebudayaan mencakup keseluruhan yang meliputi bentuk teknologi sosial, ideologi, religi, dan kesenian serta benda, yang kesemuanya merupakan warisan sosial.

3. Koentjaraningrat
Kebudayaan adalah keseluruhan sistem gagasan, tindakan, dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan relajar.

4. Dr. K. Kupper
Kebudayaan merupakan sistem gagasan yang menjadi pedoman dan pengarah bagi manusia dalam bersikap dan berperilaku, baik secara individu maupun kelompok.

Dari beberapa pendapat tersebut dapat disimpulkan Kebudayaan adalah keseluruhan yang didalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, seni, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan - kemampuan lain yang dilakukan secara turun temurun di wilayah masing - masing.

Unsur - Unsur Kebudayaan : 
  • Pengetahuan
  • Kepercayaan
  • Seni
  • Bahasa
  • Moral
  • Hukum
  • Adat istiadat
Wujud Kebudayaan biasanya ditujunkan pada acara - acara tradisional masing - masing, tetapi wujud kebudayaan juga bisa terlihat dari sikap,bahasa,dan gaya berpakaian dari manusia.

Perubahan Kebudayaan yang terjadi karena adanya pengaruh kebudayaan dari luar, contohnya Indonesia yang sekarang ini sudah banyak terpengaruh oleh budaya asing dari cara bersikap dan cara berpakaian.

Keterkaitan Manusia dan Kebudayaan
Keterkaitan antara Manusia dan Kebudayaan sangatlah erat, karena kebudayaan lah yang membentuk sebuah pedoman bagi manusia untuk menjalani hidup. Cara hidup manusia sangat bergantung pada kebudayaan yang ada karena kebudayaan memiliki unsur - unsur yang memiliki pengaruh yang besar bagi hidup manusia.

Kepribadian Bangsa Timur 
  1. Bangsa Timur sangat mentaati aturan - aturan / keyakinan dari adat yang dimiliki masing - masing individu.
  2. Bangsa Timur lebih senang hidup berkelompok daripada hidup individual.
  3. Bangsa Timur lebih mudah terpengaruh oleh perkembangan zaman daripada memikirkan dampaknya.
  4. Bangsa Timur memiliki sopan santun yang lebih daripada bangsa lain karena telah terdidik dari kebudayaan yang ada.
Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar