Gunadarma University

Jumat, 28 Juni 2013

Wujud Kebudayaan Manusia dalam Tanggung Jawab dan Keadilan

Wujud Kebudayaan Manusia
Wujud kebudayaan manusia adalah sebuah hasil ataupun perilaku yang telah ditunjukkan oleh manusia sesuai dengan budaya yang dimiliki masing - masing individu sehingga dapat dilihat atau dirasakan oleh orang - orang maupun lingkungan.


Tanggung Jawab (Responsibility) adalah tindakan yang perlu dilakukan karena tindakan yang kita perbuat maupun tuntutan dari suatu keadaan. Contoh : Seseorang yang telah merusak suatu barang maka ia harus bertanggung jawab dalam membetulkan barang tersebut






Keadilan(Justice) adalah sebuah perilaku dimana adanya tindakan yang sesuai dengan keadaan. Contoh : Ada dua orang pekerja, yang pertama bekerja selama 12 jam dan pekerja kedua bekerja selama 6 jam maka pekerja pertama patut diberi upah yang lebih daripada pekerja yang bekerja selama 6 jam. Jika perlakuan setiap manusia maupun keadaan yang ada di lingkungan dianggap sama akan tindakan yang diberikan maka keadilan tidak tercapai.








Budaya telah mengajarkan segala hal untuk manusia agar mendapat pedoman ataupun perilaku untuk hidup termasuk dalam hal tanggung jawab dan keadilan. Dalam hal tanggung jawab budaya mengajarkan manusia untuk terus berjuang menyelesaikan kewajiban yang telah didapat atas tindakan maupun tuntutan sehingga manusia tidak urakan dalam melakukan tindakan tanpa pertanggungjawaban. Sedangkan dalam hal keadilan budaya juga telah mengajarkan manusia agar bijaksana dalam mengambil keputusan dengan memberikan mandat, hadiah, atau perilaku sesuai dengan kejadian / keadaan yang ada.


TUGAS SOFTSKILL
Angga Gumilar / 50412875 / 1IA14

Tidak ada komentar:

Posting Komentar